3 Jenis Tumpeng Sesuai Dengan Tujuannya

Menurut masyarakat zaman dulu menyajikan tumpeng tersebut untuk meminta sesuatu, sehingga setiap tumpeng memiliki makna memanjat pada tuhan yang maha esa. Ada berbagai macam tumpeng yang dapat anda ketahui sesuai dengan tujuan dalam menyajikan tumpeng tersebut. namun hal ini berdasarkan cerita leluhur jawa kuno yang dapat diambil sebagai pelajaran saja.

  1. Tumpeng Ponco Warno

Tumpeng yang satu ini menurut sejarah diriwayatkan sebagai simbol untuk menolak bala, mengusir hal – hal buruk dari kehidupan dan juga dapat diartikan untuk memperingati tujuh bulan kehamilan atau menurut adat jawa mitoni. Anda dapat pesan nasi tumpeng Jakarta untuk memperingati tujuh bulan kehamilan anda. Tumpeng ponco ini terdiri dari lima warna yaitu merah, biru, kuning, hijau dan putih. Nasinya dilengkapi dengan irisan ubi jalar, empon – empon, dan bunga setaman.

  1. Tumpeng Pungkur

Tumpeng yang satu ini digunakan untuk upacara kematian seorang wanita atupun seorang pria yang masih belum menikah. Tumpeng ini menggunakan nasi putih yang disajikan dengan tujuh macam sayuran dari kangkong hingga wortel lalu dipotong – potong kecil dan diberi gudangan. Untuk tumpeng satu ini tidak dapat pesan nasi tumpeng Jakarta. Nasinya berbentuk kerucut vertical dan diletakkan saling membelakangi. Selain itu diberi telur ayam rebus yang telah dibelah dua. Tumpeng tidak diletakan diatas tampah melainkan di atas cobek yang masih baru dan telah dihiasi dengan daun pisang.

  1. Tumpeng Pusoko

Tumpeng yang satu ini melambangkan kenyakinan yang kuat dari masyarakat dalam mengejar ilmu pengetahuan dengan menyerahkan semua hasilnya pada tuhan disimbolkan di tengah tumpeng terdapat nasi berbentuk kerucut. Dikanan kirirnya terdapat nasi putih yang berbentuk setengah kerucut yang mengapit tumpeng melambangkan masyarakat selalu diapit oleh tuhan. Tumpeng pustoko merupakan simbol dari orang yang beruntuk karena berperilaku baik dan rendah hati. Anda dapat pesan nasi tumpeng Jakarta untuk tumpeng ini. Lauk yang disajikan terdiri dari tempe yang melambangkan mudah menerima kritikan, selain itu terdapat cabai yang melambangkan hidup ini penuh dengan berbagai macam kritikan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*