4 Cara Membuat Anak Menjadi Lebih Baik dan Tidak Lagi Nakal

Akan sangat menyenangkan dan membahagiakan sekali jika didalam sebuah keluarga hadir seorang anak. Karena tidak sedikit orang tua didalam sebuah keluarga tidak mempunyai anak. Namun terkadang hadirnya seorang anak ini membuat orang tuanya merasa kerepotan dan juga kesal, ketika perilaku anaknya itu buruk seperti salah satunya anak yang nakal. Untuk membuat anak memiliki sifat yang tidak nakal memanglah bukan hal yang mudah, dibutuhan usaha yang keras dan juga harus dengan penuh kesabaran. Tetapi terkadang orang tua mengambil jalan pintas untuk membuat anaknya tidak nakal lagi seperti dengan memarahinya atau bahkan melakukan kekerasan padanya. Melakukan kedua hal ini kepada anak, tidak akan membuat mereka jera malah mungkin akan membuat mereka semakin memberontak.

Lalu bagaimana cara membuat anak agar tidak nakal lagi tanpa memarahi atau tanpa melakukan kekerasan padanya? Berikut 4 cara agar anak tidak nakal lagi tanpa harus memarahi atau melakukan kekerasan padanya diantaranya yaitu :

  1. Anak Jangan Terlalu Diamanjakan

Agar anak baik perkembangannya maka jangan terlalu memanjakan anak. Karena jika orang tua terlalu memanjakan anaknya, maka anaknya ini akan terbiasa dengan jalan yang mudah didalam mendapatkan sesuatu yang diinginkannya. Jika suatu saat orang tua tidak bisa dengan segera memenuhi keinginannya maka anak itu akan menunjukkan sikap berontaknya.

  1. Orang Tua Harus Memberikan Contoh Yang Baik

Pada umumnya setiap anak itu akan mencontoh dengan apa yang telah dilihat dan didengar dari lingkungan sekitarnya. Orang tua yang memberikan contoh baik pada saat sedang dekat dengan anaknya, maka biasanya akannya itu akan meniru dengan apa yang telah dilakukan oleh orang tuanya.

  1. Orang Tua Menunjukkan Sikap Yang Lembut

Jika anak melakukan kenakalan maka sebaiknya orang tua jangan langsung memarahi atau memakinya. Cobalah untuk bisa bersikap lembut kepadanya dengan menanyakan kepada anak mengapa dirinya melakukan kenakalan itu. Cobalah untuk bisa memaafkannya karena terkadang anak melakukan kenakalan karena ketidaksengajaan.

  1. Anak Jangan Diberi Label Yang Buruk

Anak yang sudah melakukan kenakalan maka sebaiknya orang tuanya itu tidak memberi label buruk kepadanya misal dengan memberi label “kamu anak nakal” atau “kamu itu susah diatur”. Pemberian label yang buruk pada anak hanya akan menyakinkan anak jika kenakalan itu memang sifatnya.

Itulah 4 cara agar anak tidak nakal lagi tanpa harus memarahi atau melakukan kekerasan padanya. Selain jangan terlalu memanjakan anak tetapi juga orang tua harus memberi contoh yang baik jika ingin anaknya baik. Dan orang tua harus menunjukkan sikap yang lembut serta anak jangan diberi label yang buruk pada saat sudah melakukan kesalahan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*