6 Rahasia Kelola Uang Bulanan Agar Tidak Cepat Habis

Baru terima gaji, namun uang ludes dengan sangat cepat. Kamu ‘pun tak paham, mengapa uangmu bisa habis begitu cepat. Jika hal itu terjadi, itu artinya kamu tak mampu mengelola uang bulananmu dengan baik. Jika tanggal 1 terima gaji lalu tanggal 15 uangnya habis, lalu kapan mau menabungnya? Apalagi bagi kamu yang sudah berumah tangga atau sedang menempuh pendidikan, maka wajib sekali mengelola uang bulanan agar tidak cepat habis. Tenang saja, berikut ini kami akan membahas 6 rahasia kelola uang bulanan agar tidak cepat habis.

  1. Tetapkan Budget Harian

Pasca gajian, maka kamu mesti segera menetapkan budget keperluan sehari-hari. Jangan sampai kamu membelanjakan uangmu tanpa panduan sama sekali. Misalnya untuk sebulan kedepan, kamu mesti menetapkan budget harian yang disesuaikan dengan uang bulananmu. Misalnya kamu punya uang bulanan Rp.4.000.000 dan ingin menabung sebanyak Rp.1.000.000, maka kamu bisa membaginya menjadi 30 bagian, jadi budget hariannya yaitu Rp.100.000. Nah agar kamu bisa mencapai target tabungan, pastikan kamu tak keluar batas dari budget harian yang Rp.100.000 tersebut. Atau lebih bagus lagi, kamu bisa menekan budget harian menjadi Rp.50.000, sehingga saldo tabunganmu lebih cepat membengkak.

  1. Beli Barang yang Dibutuhkan, Jangan yang Diinginkan

Jika kamu punya plan tertentu seperti menikah, wisuda, atau punya bisnis online, dan kamu ingin berhemat, maka kamu mesti membeli barang-barang yang dibutuhkan, bukan yang diinginkan. Misalnya kamu ingin sekali membeli mobil, namun apakah mobil benar-benar dibutuhkan? Jika tidak terlalu dibutuhkan, maka sebaiknya urungkan niatmu tersebut, dan belilah barang lebih dibutuhkan misalnya rumah atau motor. Jadi jangan selalu mengiyakan apa yang dikatakan hasrat, kamu mesti lebih kritis, apakah barang yang akan kamu beli benar-benar berfaedah atau tidak.

  1. Belanja Online

Daripada shopping di supermarket atau mall, agar lebih hemat, sebaiknya kamu shopping lewat online saja. Banyak sekali faedah yang bisa kamu dapat. Selain tak perlu mengeluarkan biaya bensin layaknya belanja di toko fisik, kamu ‘pun bisa menemukan banyak sekali promo yang ditawarkan oleh beberapa marketplace. Salah satunya Tokopedia, kamu pasti sudah kenal dengan marketplace satu ini. Promo Tokopedia ini bisa kamu manfaatkan, baik berbentuk kupon, diskon, cashback, poin, dan lainnya. O ya kamu ‘pun bisa mendapatkan promo Tokopedia free ongkir sehingga kamu ‘pun tak perlu mengeluarkan biaya shopping yang terlalu mahal.

  1. Kurangi Nongkrong

Salah satu trigger utama mengapa uang bulanan cepat habis yaitu karena terlalu sering nongkrong. Jika kamu pergi ke kafe untuk nongkrong, minimal kamu mesti beli segelas kopi yang harganya lumayan mahal. Jika ini dilakukan setiap hari, maka budget bulananmu pasti cepat habis. Nongkrong memang tak selamanya berkonotasi negatif, kamu bisa memanfaatkan nongkrong untuk keperluan-keperluan penting seperti silaturahmi dengan teman lama atau bertemu rekan bisnis. Atau jika kamu mau hemat, kamu bisa mengundang teman-temanmu ke rumah kamu dan suruh mereka membawa makanan masing-masing, bagaimana simpel bukan?

  1. Masak Makanan Sendiri

Bagi kamu pecinta kuliner yang terbiasa travelling ke tempat-tempat makan dan kebetulan sedang ingin berhemat, segeralah belajar masak! Iya betul sekali, kamu tak perlu pergi ke restoran-restoran mahal untuk icip-icip menu tertentu, masak saja sendiri menu tersebut di rumah. Selain dapat menghemat uang bulanan, kamu ‘pun bisa sekalian belajar caranya menjadi seorang chef. Apalagi bagi anak kos, wajib hukumnya mengurangi jajan di restoran-restoran mahal. Kamu wajib belajar masak, minimal bisa masak mie instan dan telur mata sapi.

  1. Jika Diluar, Makanlah di Warteg

Jika kamu kebetulan lagi diluar dan merasakan lapar, maka jangan gampang pergi ke kafe atau restoran, sebaiknya carilah warteg terdekat. Dengan uang Rp.15.000 saja, kamu sudah bisa makan enak. Jangan kebanyakan gengsi, yang penting uang bulananmu aman hingga akhir bulan.

Mengelola uang bulanan memang tidak mudah, apalagi di era yang semakin konsumtif seperti sekarang. Namun manusia selalu punya solusi, dan kamu ‘pun mesti pintar-pintar mengelola uang bulananmu.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*