7 Fakta Tentang Nyeri Perut Kanan Bawah yang Sering Disepelekan

Bagi sebagian orang yang sudah sering merasakan sakit perut tentunya hal ini akan sangat menyiksa. Terlebih lagi jika sakit perut tersebut hanya terjadi pada salah satu sisi saja. Salah satu titik yang paling sering dialami adalah nyeri perut kanan bawah. Sebenarnya apa sih penyebabnya. Berikut beberapa fakta tentang sakit perut kanan bawah yang sering disepelekan.

Janin Bergerak ke Kanan

Hal yang satu ini tentunya hanya akan dialami oleh wanita hamil saja. Nyeri perut kanan bawah pada ibu hamil umumnya hanya terjadi pada usia kehamilan yang sudah matang. Kira-kira di atas 6 bulan. Janin yang sudah mulai aktif bergerak ke sebelah kanan tentunya akan membuat ibu hamil akan mengalami rasa sakit pada bagian perut sebelah kanan.

Menstruasi

Dalam beberapa kasus, menstruasi juga dapat membuat seseorang merasakan sakit perut. Ada sebagian besar wanita yang mengalami kram perut sebelah kanan bawah yang luar biasa ketika menginjak hari ketiga masa menstruasi. Menstruasi juga merupakan salah satu penyebab nyeri perut pada bagian kanan bawah yang paling sering dialami oleh wanita.

Kehamilan Ektopik

Dari berbagai referensi medis telah sepakat bahwa rasa nyeri pada bagian kanan bawah juga bisa disebabkan karena kehamilan yang terjadi di luar rahim. Kehamilan ektopik ini tentunya akan melibatkan sel telur seseorang. Pada umumnya seseorang yang mengalami kelainan atau kehamilan ektopik akan merasakan rasa nyeri pada perut bagian kanan bawah sebagai akibatnya.

Adanya Radang Pada Bagian Tubuh Bawah

Meski sering sekali diadakan upaya pencegahan, namun radang memang merupakan penyakit yang susah dicegah. Peradangan yang terjadi pada bagian tubuh bawah juga sering membuat penderitanya mengalami rasa nyeri pada perut bagian kanan bawah. Penyakit ini dapat dialami oleh siapa saja baik laki-laki, perempuan, tua, bahkan anak-anak dapat terkena radang.

Gangguan Pada Organ Ginjal atau Hati

Karena dua organ pencernaan wanita berada pada bagian kanan, maka gangguan yang terjadi pada kedua organ ini dapat menyebabkan penderitanya mengalami rasa nyeri pada perut kanan bawah. Adapun gangguan yang terjadi pada fungsi organ ginjal atau hati dapat berbeda-beda tergantung usia, riwayat penyakit, dan berbagai faktor lainnya yang terkait dengan pencernaan.

Memiliki Kista di Sebelah Kanan

Kista merupakan penyakit kronis yang bandel. Tak hanya masa penyembuhan yang lama, namun kista juga dapat membuat penderitanya merasakan berbagai keluhan lainnya. Dengan kata lain kista dapat menjadi penyebab gejala rasa nyeri pada perut sebelah kanan bawah. Adanya kista pada sebelah kanan ini akan membuat sang penderita mengalami rasa sakit yang hebat.

Itulah beberapa fakta penyebab yang mungkin terjadi ketika mengalami nyeri perut kanan bawah dan sering diabaikan. Setidaknya dengan membaca ulasan di atas Anda dapat mengetahui apa saja penyebab rasa nyeri yang timbul tersebut. Jangan pernah sepelekan rasa nyeri itu ya. Sebab hal tersebut dapat menjadi indikasi adanya penyakit yang serius.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*