Asal Usul Baju Batik

Kesenian batik adalah kesenian melukis atau menggambar diatas kain untuk Baju Batik atau kebaya menjadi salah satu identitas kluarga raja (pada saat itu). Lama kelamaan batik ditiru rakyat terdekat dan selanjutnya meluas hingga sekarang, batik yang tadinya hanya pakaian keluarga keraton kemudian menjadi pakaian rakyat pada umumnya, baik laki-laki maupun perempuan, pada zaman majapahit batik menjadi kebudayaan majapahit, saat itu ditelusuri di daerah mojokerto dan tulung agung. Mojokerto sendiri erat kaitanya dengan kerajaan majapahit dan perkembangan batik asal majapahit berkembang sampai ke tulung agung, dan setelah itu meluas ke berbagai daerah di jawa pada umumnya.

Batik tulis dan batik cap dikenal setelah perang dunia kesatu sekitar tahun 1920. Banyak daerah dijawa yang mengembangkan batik dan kemudian batik menjadi alat penumbuh ekonomi tokoh muslim saat melawan perekonomian belanda. Jika dahulu hanya sebatas kain maka sekarang sudah diciptakan Baju Batik yang bisa dipakai untuk kebutuhan sehari-hari. Perkembangan batik di indonesia tidak terlepas dari perkembangan kerajaan majapahit pada zaman dahulu, penyebaran agama islam di tanah jawa, beberapa perkembangan batik sudah dilakukan sejak kerajaan mataram dan selanjutnya pada masa kerajaan solo dan yogyakarta, batik terus berkembang dari raja satu ke raja yang berikutnya. Pada abad ke XVII atau awal XIX.

Maka dari itu saat ini di daerah-daerah tertntu memiliki batik dan memproduksi Baju Batik untuk khalayak umum, meskipun begitu setiap daerah memiliki batik unik khas daerah mereka. Seiring perkembangan zaman modern seperti sekarang batik bisa anda cari dengan mudah, batik saat ini juga sudah memiliki banyak sekali varian yang bisa anda coba, salah satunya Baju Batik gamis yang bisa anda gunakan untuk acara-acara tertentu, perkembangan batik tak lepas dari berkembangnya fashion diindonesia, hal ini terbukti banyak mulai orang dewasa hingga anak-anak sudah memakai batik. Baju Batik sendiri bisa diaplikasikan dalam keseharian, selain itu batik juga bisa dalam semua kondisi, anda bisa memakainya ke acara formal maupun ke acara non formal.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*