Batik Tradisional Dari Ujung Timur Indonesia

Setiap batik diberbagai pulau di Indonesia memiliki ciri khas seperti halnya dikalimantan menggunakan batik dengan warna – warna yang berani. Ataupun batik jawa yang biasa menggunakan warna dan motif batik yang sederhana namun memilii filosofi kehidupan yang mendalam. Banyak sekali model batik tradisional dari berbagai Indonesia yang dapat digunakan untuk berbagai macam acara. baik acara kantor ataupun menghadiri undangan pernikahan pakaian tersebut sangat cocok digunakan. Umunya pakaian batik tradisional digunakan ketika kita akan bertemu dengan pejabat negara ataupun dengan orang – orang penting dari daerah. Tak hanya di pulau Jawa yang memiliki berbagai macam motif batik tradisional yang keren. Di Pulau timur Indoensia juga memiliki berbagai macam motif batik yang menarik untuk dilihat. Di Pulau papua terdapat berbagai macam motif batik dengan berbagai macam nuansa.

Batik di Papua memiliki ciri khas mempunyai motif corak yang mencolok darupada motif batik yang berada di Jawa. Motif yang digunakan pada batik Papua umumnya berpola seperti patung – patung ataupun lambing – lambing yang dikeramatkan dan juga terdapat ukiran khas papua juga menjadi ciri khas dari batik asal daerah yang memiliki wisata alam yang sangat indah tersebut. salah satu model batik tradisional yang khas dari papu adalah batik dengan motif asmat. Dengan motif batik simbol patung – patung kayu suku asmat. Batik asat memiliki ciri – ciri yang sangat khasyaitu warna kain baik ini lebih coklat dengan campuran warna tanah dan terakota atau warna merah kecokelat – cokelatan. Soal pemilihan motif batik, Papua lebih banyak menggunakan simbol – simbol keramat dan ukiran khas dari Papua.

Selain batik dari suku asmat, model batik tradisional yang sering ditemukan dipasaran adalah batik Papua dengan motif burung cendrawasih, motif kamoro, atapun motif batik sentani dengan ciri gambar alur batang kayu yang melingkar – lingkar yang hanya menggunakan satu hingga dua warna saja. Keunikan motif batik dari papua membuat dilirik oleh banyak orang baik dari local ataupun internasional. Hal tersebut disebabkan motif batik Papua tidak hanya melambangkan budaya namun terdapat unsur sejarah didalammnya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*