Cara Memilih Tempat Tidur Bayi yang Nyaman dan Aman

Pada dasarnya bukan hanya pada saat memilih tempat tidur bayi saja, untuk balita pun Anda tidak boleh mengabaikan faktor kenyamanan dan keamanannya. Karena alasan bayi baru lahir ini misalnya akan menghabiskan sebagian waktunya untuk tidur, ya paling tidak sekitar 13 – 16 jam per harinya. Sehingga tidak heran jika kenyamanan dan keamanan dari tempat tidurnya pun jadi hal yang penting juga tidak boleh sampai Anda abaikan.

Nah, untuk memudahkan Anda dalam memilih tempat tidur yang nyaman dan aman untuk bayi, melalui artikel berikut akan kami informasikan kepada Anda tentang cara memilih tempat tidur yang tepatnya. Mari simak selengkapnya di bawah ini.

Cara Memilih Tempat Tidur Bayi yang Nyaman dan Aman

  • Pertama – tama silakan pilih tempat tidur bayi dengan ukuran yang tepat, yakni yang sesuai degan usia si kecil. Lebih baik jika memilih tempat tidur dengan tinggi yang juga disesuaikan dengan usianya. Hal tersebut dilakukan tidak lain untuk membuat anak lebih aman lagi pada saat Anda tidak mengawasinya. Untuk mendapatkan tempat tidur yang demikian, Anda bisa membuat tempat tidur secara custom.
  • Selain itu adalah dengan memastikan bahwa tempat tidur yang Anda pilih tersebut benar – benar terbuat dari bahan yang aman dan tidak beracun. Salah satu jenis bahan yang paling direkomendasikan untuk tempat tidur bayi adalah stainless.
  • Pastikan juga tempat tidur yang akan Anda pilih kokoh dan tidak mudah terguling. Selain itu, pastikan pula tempat tidurnya tidak ada pembatas yang bisa dibuka dengan mudah. Itu artinya Anda harus memilih tempat tidur dengan bagian sudutnya yang tertutup. Dengan begitu Anda tidak akan khawatir lagi si kecil akan terjatuh ketika jauh dari pengawasan Anda.
  • Jangan lupa juga untuk memilih teralis pembatas yang tinggi, minimal 65 cm dari matras. Anda juga perlu menghindari memilih tempat tidur yang menggunakan bumper, atau bantalan pelindung yang biasanya dipasangkan pada teralis tempat tidur bayi.
  • Memeriksa semua bagian tempat tidur dengan cermat. Pastikan tidak ada bagian yang sebabkan si kecil terbentur atau pun pakaiannya tersangkut oleh tempat tidur tersebut. Selain itu, pastikan juga tidak ada bagian longgar atau mudah terlepas, cat mengelupas, atau hal lainnya yang membuat tempat tidur si kecil jadi tidak aman.
  • Perhatikan pula kualitas kasurnya. Anda bisa memilih kasur yang berkualitas baik, tahan air, dan tak terlalu empuk. Sebab, kasur yang terlalu empuk ini ternyata bisa sebabkan yang namanya SIDS atau Sudden Infant Death Syndrom. Selain hal tersebut, ukuran kasurnya juga harus benar – benar pas dengan ukuran tempat tidur. Tujuannya tidak lain agar tidak ada celah pada bagian sudut – sudut tempat tidurnya.
  • Apabila tempat tidurnya sudah dipastikan nyaman dan aman, Anda juga bisa menambah perlindungan lain, yakni kelambu. Kelambu ini pada dasarnya tidak hanya sekadar jadi pemanis tempat tidur bayi, akan tetapi juga bisa membuat tidur si kecil lebih nyenyak sebab terhindar dari gigitan nyamuk.
  • Lalu untuk yang terakhir, pastikan tempat tidur yang dipilih dalam keadaan baik dan belum usang. Sehingga keamanan tempat tidur bayi pun lebih terjaga. Selain itu, pastikan selalu tempat tidurnya selalu dalam keadaan bersih.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang cara memilih tempat tidur yang nyaman dan aman. Semoga bermanfaat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*