Daftar Tempat Wisata Religi di Indonesia

Mayoritas penduduk Indonesia beragama Islam, sejarah perkembangan Islam masuk di Indonesia memberikan warna arsitektur yang menarik. Perkembangan budaya dan ajaran tersebut menjadi tujuan wisata religi di Indonesia. Tidak jarang beberapa orang sengaja meluangkan waktu untuk mengunjungi beberapa tempat yang memiliki unsur sejarah Islam yang tinggi.

Tempat wisata religi di Indonesia tersebar di sekitar Pulau Jawa dan beberapa pulau lain. Perkembangan Islam yang disebarkan oleh para wali menjadikan beberapa tempat sebagai tujuan berziarah di hari-hari keagamaan. Beberapa tempat yang memiliki unsur wisata religi antara lain.

  1. Masjid Cheng Ho Palembang
    Masjid ini bergaya arsitektur Cina Arab dan Palembang. Masjid ini di dominasi warna merah dan hijau. Masjid ini memiliki nama lain Masjid Al Islam Muhammad Cheng Ho Sriwijaya. Masjid ini terdiri dari 2 lantai yang mampu menampung 600 jemaat.
  2. Masjid Raya Baiturrahman
    Masjid ini berada di wilayah kesultanan Aceh. Masjid Baiturrahman dibangun oleh Sultan Iskandar Muda pada tahun 1022 H. Gaya bangunan masjid ini menyerupai Taj Mahal di India.
  3. Masjid Sunda Kelapa
    Masjid Sunda Kelapa berada di Menteng, Jakarta Pusat. Masjid ini tidak memiliki kubah, bedug, bulan, bintang. Bentuk bangunannya seperti perahu yang merupakan simbol pelabuhan Sunda Kelapa.

Masih banyak destinasi lain untuk menjadi tujuan wisata religi di Indonesia, tujuan wisata religi biasanya memiliki ciri kemegahan bangunan dan sejarah perkembangan agama di Indonesia.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*