Datang Bulan Tanpa Masalah dengan Tips Ini

Image result for datang bulan

Lancar datang bulan itu ideal dan bukan hal aneh bagi hampir semua wanita. Namun, jangan menutup mata, bahwa ada sebagian wanita lain yang mengalami masalah menstruasi tidak lancar. Ini bisa disebabkan oleh banyak hal, seperti pubertas, keturunan, atau ketidakseimbangan hormon akibat penggunaan alat kontrasepsi. Nah, bagi anda yang mengalami masalah ini, anda harus mencoba tips lancar datang bulan berikut ini.

Konsumsi makanan sehat

Makanlah makanan yang tepat, baik, dan sehat. Ini salah satu tips lancar datang bulan. Makanlah sayuran hijau, minyak kastor dan coklat murni. Semua itu bisa membantu menormalkan siklus menstruasi anda. Terutama, bagi anda yang mengalami amenorrhea atau tidak datang bulan sama sekali dalam jangka waktu lama.

Minum suplemen omega-3

Omega-3 bisa menyeimbangkan hormon anda. Bagaimana bisa? Begini jelasnya. Pembuluh darah di dalam ovarium sangatlah halus. Oleh karenanya, pembuluh ini rawan rusak atau mengalami sirkulasi darah yang tidak lancar. Kebiasaan buruk seperti merokok, obesitas, makan makanan tinggi kolesterol memicu pembuluh dalam ovarium mengalami penyempitan atau kerusakan. Tentunya, ini menghalangi aliran darah dan hormon. Untuk itu, anda perlu konsumsi minyak ikan untuk memperlancar sirkulasi. Karena menstruasi harus lancar, maka suplemen ini harus mendapat posisi penting dalam porsi diet anda. Definisi lancar di sini bukan melulu harus setiap bulan menstruasi. Itu tergantung pada siklus anda. Jika anda sejak semula mengalami menstruasi setiap dua bulan sekali, maka yang terpenting adalah kelancarannya terjaga setiap dua bulan sekali. Karena, setiap orang memiliki kondisi berbeda.

Hindari olahan tepung, gula, kentang, dan beras

Anda suka makan gorengan? Sekarang, hentikan dulu. Untuk memperlancar menstruasi anda harus menghindari konsumsi olahan tepung, seperti aneka gorengan, roti, pasta, bahkan kentang, nasi dan gula! Yang satu ini sungguh sulit, karena sehari-hari kita makan beras, roti, dan meminum minuman manis. Tetapi, lagi-lagi, karena menstruasi harus lancar, anda harus mencoba berdiet sehat dengan menghentikan konsumsi semua makanan tersebut, karena bisa menjadi penyebab gangguan menstruasi dengan cara mengeluarkan lonjakan insulin yang berakibat pada penumpukan lemak.

Konsumsi lebih banyak protein dan vitamin D

Protein bagus untuk tubuh, terutama untuk menyeimbangkan hormon. Semakin hormon anda seimbang, semakin lancar menstruasi anda. Contoh proteinĀ  yang bagus adalah telur rebus, kacang, almond, edamame, dan sarden. Apabila anda memiliki masalah estrogen, baiknya anda konsultasikan dengan ahli gizi. Ada beberapa makanan berprotein tinggi yang mengandung estrogen, seperti kedelai. Juga, jangan lupa konsumsi suplemen vitamin D.

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*