Ini Beragam Dinamika UNBK Tahun 2017

Ujian Nasional Berbasis Komputer atau disingkat UNBK merupakan suatu sistem pelaksanaan ujian nasional menggunakan media komputer. Pertama kali UNBK dilaksanakan pada tahun 2014 di SMP Indonesia Singapura dan SMP Indonesia yang ada di Malaysia. Tahun selanjutnya baru dilaksanakan di sekolah – sekolah yang ada di Indonesai bagi tingkat Sd, SMP, maupun SMA. Secara teknis, UNBK dilaksanakan dengan sistem semi-online. Soal – soal ujian di kirim dari pusat secara online ke server lokal yaitu sekolah, selanjutnya siswa mengerjakan soal secara offline. Terakhir hasil ujian yang telah dikerjakan oleh siswa kembali di kirim ke server pusat dengan cara di upload (secara online).

Beragam masalah masih mewarnai pelaksanaan UNBK di tingkat SMA ataupun tingkat SMP yang sekarang sedang dilaksanakan. Beragam berita terkini yang diperoleh dari Kepala Pusat Teknologi dan Komunikasi Kemendikbud menyatakan bahwa masalah yang diadukan pada mereka untuk UNBK SMA atau sederajat sebanyak 383 aduan. Provinsi Jawa Barat yang paling banyak memperoleh masalah daripada provinsi – provinsi lainnya yaitu sebesar 85 masalah. Kemudian di susul Provinsi Jawa Tengah sebanyak 55 masalah, Sumatra Utara sebanyak 37 masalah, dan Provinsi Jawa Timur sebanyak 32 masalah. Kebanyakan masalah yang terjadi mengenai infrastruktur. Secara keseluruhan masalah-masalah yang terjadi ketika pelaksanaan UNBK SMA masih dapat diselesaikan dan tidak mengganggu pelaksanaan UNBK tahun ini.

Berita terkini lainnya mengenai pelaksanaan UNBK tingkat SMP masih terdapat beberapa kendala yang terjadi di lapangan. UNBK yang dilaksanakan oleh siswa SMP Negri 12 Kota Bengkulu sempat terganggu disebabkan koneksi internetnya terputus. Akibatnya pelaksanaan UNBK terlambat selama 30 menit. Sedangkan sebagian lagi siswa SMP Negeri 12 Kota bengkulu melaksanakan UNBK di SMA Negri 2 Kota Bengulu. Hal ini terjadi karena terbatasnya fasilitas yang ada di SMP 12 Kota Bengkulu. Keterbatasan fasilitas pun masih terjadi di beberapa provinsi di bagian timur Indonesia. Contohnya di Provinsi Nusa Tenggara Timur hanya 24 dari 1.623 SMP atau yang sederajat di 22 kabupaten yang melaksanakan UNBK. Sisanya masih menggunakan ujian berbasis kertas. Secara keseluruhan pelaksanaan ujian nasional SMP/ MTs pada tahun 2017 yang diikuti 4,2 juta di seluruh Indonesia masih berjalan lancar. Beberapa kendala di lapangan masih dapat teratasi oleh pihak sekolah. Selain berita terkini tentang UNBK Tahun 2017, baca juga berita politik disini.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*