Tips Pintar Berjualan Laris di Marketplace

Revolusi industri dalam bidang teknologi telah berdampak pada gaya hidup masyarakat. Pergeseran gaya hidup masyarakat dari yang bersifat tradisional, secara perlahan-lahan berubah menjadi gaya hidup yang bergantung pada teknologi digital. Pergeseran gaya hidup yang demikian sebenarnya sangat menguntungkan bagi para pelaku bisnis. Lalu, apa sebenarnya keuntungan yang dapat diperoleh para pelaku bisnis?

Para pelaku bisnis akan dengan mudah berjualan dan menjalankan bisnis mereka tanpa harus bersusah payah menawarkan kepada masyarakat secara face to face. Hal ini dapat dilakukan melalui marketplace yang dapat memanjakan para pelaku bisnis dalam menawarkan produknya secara online dan praktis. Marketplace itu sendiri merupakan website atau aplikasi yang memfasilitasi para pelaku bisnis untuk berjualan online. Di Indonesia, contoh marketplace yang terkenal dan terpercaya salah satunya BliBli.com. Oleh sebab itu, manfaatkanlah seoptimal mungkin kemudahan peluang bisnis yang disediakan oleh marketplace.

Agar keuntungan dapat diperoleh dengan maksimal, maka para pelaku bisnis haruslah pintar-pintar dalam memilih marketplace. Berikut ini tips pintar dalam memilih marketplace agar jualan Anda laris.

Memilih Marketplace Sesuai dengan Produk yang Ditawarkan

Sebaiknya Anda memilih marketplace yang sesuai dengan jenis/kategori produk yang Anda tawarkan. Namun, tidak jarang pula marketplace yang memungkinkan pelaku bisnis untuk berjualan produk dalam berbagai jenis/kategori. Oleh sebab itu, jangan sampai salah menentukan marketplace karena bisa terjadi ketidaksesuaian antara produk yang Anda tawarkan dengan kategori produk yang dipasarkan oleh marketplace tersebut.

Gratis Foto Produk

Gratis Foto Produk
Sumber: digitalentrepreneur.id

Jualan online akan laris jika disertai dengan foto produk yang ditawarkan karena hal tersebut dapat menarik perhatian para pembeli. Melalui foto, pembeli dapat memvisualisasikan produk yang ditawarkan oleh pelaku bisnis. Marketplace yang menyediakan fasilitas foto produk gratis, dapat dijadikan sebagai pilihan karena tidak akan mengurangi modal Anda.

Gratis Ongkir (Ongkos Kirim)

Gratis Ongkir Free Ongkir Ongkos Kirim
Sumber: PandaGila.com

Pembeli akan sangat tergoda dengan fasilitas satu ini, yaitu gratis ongkos kirim, dimana para pembeli tidak akan mengeluarkan budget lagi untuk pengiriman barang sampai di tempat tujuan. Setidaknya, pilihlah marketplace yang seringkali menawarkan promo diskon ongkos kirim atau justru gratis ongkos kirim.

Proses Transaksi Pembayaran yang Mudah

Proses Transaksi Pembayaran yang Mudah
Sumber: windows.net

Marketplace yang menyediakan fasilitas pembayaran melalui berbagai cara sangatlah memberikan kemudahan bagi pembeli karena pembeli tidak perlu kerepotan dalam melakukan transaksi pembayaran.

Proses Pengiriman Barang yang Mudah dan Tidak Berbelit

Proses Pengiriman Barang yang Mudah dan Tidak Berbelit
Sumber: unival-logistics.com

Para pelaku bisnis dan pembeli akan merasa tenang jika dapat mengontrol keberadaan barang mereka. Oleh sebab itu, sangat diperlukan marketplace yang selalu mengutamakan transparansi pengiriman barang.

Pilihlah Marketplace yang Sering Menawarkan Promo

Pilihlah Marketplace yang Sering Menawarkan Promo
Sumber: insidesmallbusiness.com.au

Secara tidak langsung, kehadiran promo yang ditawarkan oleh marketplace dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi para pembeli. Pembeli akan sangat tertarik dengan marketplace yang sering menawarkan promo karena pada dasarnya pembeli akan mencari marketplace yang dapat menguntungkan bagi dirinya. Tak perlu khawatir bagi para pelaku bisnis karena kehadiran promo tidak akan memotong keuntungan yang Anda peroleh.

Memiliki Layanan Pelanggan yang Baik

Terakhir, marketplace yang baik yaitu marketplace yang dapat memberikan layanan pelanggan dengan baik. Pencantuman nomor telepon, email, atau akun media sosial sangatlah dibutuhkan agar marketplace dapat menjadi jembatan yang baik bagi para pelaku bisnis dan pembeli. Oleh sebab itu, sebelum menentukan marketplace untuk berjualan online, ada baiknya Anda menyelidiki hal ini terlebih dahulu. Seperti BliBli.com yang sudah berpengalaman tentang bagaimana cara melayani pelanggan secara 24 jam yang menjamin 100% kepuasan customer.

Jadikanlah marketplace sebagai ladang bisnis Anda. Manfaatkanlah seoptimal mungkin keberadaan marketplace untuk memperoleh keuntungan dengan praktis dan efisien. Jadilah pelaku bisnis cerdas dalam memilih marketplace yang sesuai dengan pasar bisnis.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*