Kenali Jenis Keramik Lantai

Anda dapat mempercantik tampilan keramik lantai pada kamar mandi Anda dengan menggunakan aksen keramik. Terdapat tiga jenis aksen keramik yang perlu Anda ketahui, inserto, listelo, dan border. Inserto adalah keramik yang memiliki corak, dipasang di antara keramik polos agar dinding terlihat menarik. Biasanya keramik ini memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan keramik dinding yang polos. Listelo adalah keramik bercorak yang berfungsi sebagai aksen di antara keramik polos namun memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan inserto. Tampilan listelo menyerupai lis, yaitu memilik bentuk persegi panjang. Sedangkan border adalah keramik yang dipasang pada bagian pinggir sebagai pembatas keramik. Tidak ada aturan baku mengenai cara memasang aksen keramik tersebut namun Anda dapat menyesuaikannya dengan tampilan akhir yang Anda inginkan.

Agar keramik dinding semakin awet, Anda harus memperhatikan teknik aplikasi atau pemasangan keramik lantai kamar mandi. Sebelum dipasang pada dinding, dinding perlu diberikan lapisan antibocor agar dinding menjadi kedap air. Lapisan antibocor terdiri dari beberapa jenis, yaitu bitumen, semen, dan acrylic. Anda bisa menyesuaikannya dengan budget serta hasil akhir yang Anda inginkan. Untuk nat pengisi keramik, gunakan nat yang mengandung polimer. Nat yang mengandung polimer praktis dari segi penggunaannya, karena Anda cukup mencampurkannya dengan air bersih saja. Rasio pencampuran air dengan nat keramik kira-kira 1 : 3,5. Tujuan penggunaan nat tentunya agar air tidak mudah terserap pada bagian sisi keramik lantai.

Bukan hanya pada kamar mandi saja lantai anda yang sudah diaplikasikan keramik lantai tentu harus menggunakan nat juga agar nanti pada saat ada mengepel air tidak mudah terserappada sisi keramik, jika terserap oleh keramik lama kelamaan tentunya keramik anda mudah rusak seakan didalamnya keropos meskipun sudah diisi semen atau pasir, maka dari itu penggunaan nat juga sangat penting untuk membuat keramik anda awet dan tidak mudah untuk rusak, jika memungkinkan saat pemasangan tentu anda harus memilih pasri yang sedikit kasar agar meminimalisir kerusakan keremik anda nantinya. Semoga Bermanfaat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*