Mengenal Lebih Dalam Tentang Bali Island

Bali island (pulau bali) atau yang sering disebut dengan pulau dewata ini merupakan pulau yang terkenal hingga penghujung dunia. Pulau bali yang termasuk bagian dari kepulauan sunda kecil ini beribu kota di denpasar. Daerah ini memiliki iklim sama seperti daerah indonesia lainnya yaitu iklim teropis. Secara geografis provinsi bali berbatasan dengan provinsi jawa timur dan selat bali di sebelah barat, laut bali sebelah utara, samudra hindia di bagian selatan, serta untuk bagian timur dengan sulat lombok. Banyak sekali tempat – tempat wisata yang sering dikunjungi selain kota denpasar sendiri yaitu ubud sebagi pusat seni yang terletak di kabupaten gianyar yang merupakan dataran tinggi dipulau ini. Sedangkan untuk kuta, sanur, saminyak dan nusa dua merupakan tempat tempat tujuan pariwisata, baik wisata pantai, bermain ombak maupun hanya untuk para wisatawan beristirahat.

Ada dua suka bangsa yang ada di bali island yaitu suku bali aga yang merupakan penduduk asli pulau ini kebanyakan tempat tinggal mereka ada di derah trunyan. Sedangkan untuk suku bangsa berikutnya adalah suku bali mojopahit yang merupakan bali hindu atau bali keturunan dari kerajaan mojopahit. Banyak yang menyatakan bahwa kebuadayaan bali masih khas atau masih asli karena masyarakat sangat memegang tegus budaya dari nenek moyang mereka dan belum terpengaruh oleh budaya lain. Budaya yang ada dibali yang masih bertahan sampai sekarang yaitu rumah adat bali, rumah adat bali harus sesuai dengan aturan asta kosala kosali ajaran terhadap pada kitab suci weda yang mengatur soal tata letak sebuah bangunan yang hamir mirip dengan ilmu feng shui dalam ajaran budaya china.

Pada umumnya rumah bali dipenuhi dengan pernak pernik hiasan, ukiran serta warna yang alami lalu patung simbol ritual. Bali juga mempunya baju adat, bali memiliki banyak macam atau variasi dari pakaian adatnya. Untuk perempuan yang masih remaja menggunakan sanggul gonjer, sedangkan untuk perempuan atau wanita dewasa menggunakan sanggul tagel. Sedangkan untuk prianya menggunakan ikat kepala atau udeg lalu menggunakan selendang pengikat atau napal, kain kampuh, serta keris. Bali island juga mempunya tarian daerah yaitu tari pendet, tari panji semirang, dan tari condong. Serta tari yang sangat terkenal yaitu tari kecak, tarian ini dimainkan oleh puluhan laki – laki yang duduk bari melingkar. Tarian yang menggambarkan kisah ramayana saat barisan kera membantu rama melawan rahwana.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*