Mengenal Lebih dalam Tentang Ban Motor yang Banyak Dijual di Toko Ban Motor

Image result for ban motor velg

Motor tentu sudah menjadi kendaraan yang sangat akrab untuk masyarakat luas. Ukurannya yang kecil menjadikan motor mudah sekali menyalip di keramaian. Selain itu dari segi harga, motor juga termasuk kendaraan yang cukup terjangkau bagi semua kalangan. Salah satu bagian motor yang penting adalah bagian ban motor. Saat ini jenis, merk dan tipe ban motor di toko ban motor sudah sangat banyak sekali. Tak ayal, hal ini kerapkali menjadikan banyak pengguna motor pun merasa bingung dalam pemilihannya.

Dalam pemilihan ban untuk penggunaan sehari-hari, ada baiknya jika Anda harus memilihnya dengan selektif. Anda harus tahu tentu jika medan jalan sangat beragam mulai dari medan berlumpur, berlubang, berbatu dan lainnya. Untuk itu pemilihan ban pun harus cerdas sehingga ban tak mudah habis dan rusak. Untuk lebih mengenal tentang ban motor, ada baiknya jika Anda tahu beberapa jenis ban berikut ini:

  • Ban basah – untuk tipe ban basah, sesuai namanya, maka diperuntukkan untuk penggunaan di jalanan basah. Karakteristik alurnya banyak di pinggir ban dimana memiliki tujuan untuk dapat buang air sehingga ban bisa tetap berputar meski di jalanan basah dan penuh air. Namun nantinya ban akan menurun cengkeramannya saat lewat jalanan kering.
  • Ban kering – ban tipe kering memiliki alur yang lebih sedikit dan atau bahkan tak ada alurnya sama sekali. Tipe ban ini memiliki daya cengkram lumayan baik jika dipakai pada jalanan kering. Untuk itu ban akan nyaman sekali tanpa Anda harus khawatir untuk terpeleset. Namun ketika lewat jalanan berair maka butuh kewaspadaan.
  • Ban basah dan kering – ban tipe ini merupakan kombinasi yang diperuntukkan untuk ban kering dan basah. Karakteristik alurnya tak terlalu banyak dan daya cengkeramannya sangat baik. Untuk pengguna motor di Indonesia sendiri, ban ini yang paling sering dipakai.

Setelah Anda mengetahui tentang tipe ban, selanjutnya tentu Anda ingin tahu bagaimana cara memilih ban yang baik untuk motor Anda bukan? Bagi Anda yang sedang ada di toko ban motor, maka simak dulu tips berikut ini:

  • Pertama, ada baiknya Anda memilih ban dengan tapak yang menengah atau sedang, Ada baiknya untuk tidak memilih ban dengan tapak lebar serta tapak kecil yang banyak dipakai oleh anak muda.
  • Seperti yang sudah dipaparkan sebelumnya jika ada beberapa tipe ban untuk motor. Untuk itu, Anda wajib memilih tipe ban mana yang sesuai dengan kondisi di daerah Anda tinggal saat ini sehingga bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan.
  • Motif dan ukuran ban juga harus dipilih dengan pas. Motif ini akan sangat mempengaruhi pada kinerja ban nantinya baik ketika di medan kering hingga basah. Selain itu untuk ukuran ban maka disesuaikan dengan tipe motor Anda sendiri sehingga nantinya bisa nyaman dikendarai.
  • Ada beberapa kode pada ban. Kode produksi menjadi hal penting. Meski ban bukan makanan, namun ada juga tanggal kadaluarsa pada ban dimana biasanya kadaluarsa adalah di rentang 5 tahun dimana performa dari ban sudah menurun seiring waktunya.

Jika ingin tahu dengan harga ban di toko ban motor, maka bisa juga mengeceknya dulu di situs belanja online. Hal ini dilakukan demi bisa menggunakannya sebagai patokan sebelum membelinya. Jadi, sudah siap memilih ban untuk motor kesayangan Anda?

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*