Mengetahui Tanda – Tanda Harus Spooring Mobil Segera

Perawatan dan service secara berkala memang penting sekali untuk dilakukan untuk membuat perfroma dan kondisi mobil Anda tetap dalam keadaan baik. Apalagi jika mobil Anda tersebut sering sekali digunakan, atau melewati jalanan yang kurang baik. Sebab yang demikian ini bisa saja membuat setir kemudi jadi agak berat maupun bergetar sehingga hal tersebut tentu saja membuat berkendara Anda kurang nyaman dan pastinya juga membahayakan keselamatan Anda sendiri. Makanya Anda perlu melakukan spooring mobil secara rutin dan di waktu yang tepat.

Tetapi demikian, tentu saja bukan hal yang mudah bagi orang awam untuk mengetahui waktu yang tepat untuk melakukan spooring mobil. Makanya atas dasar itu melalui artikel berikut akan kami informasikan beberapa tanda mobil harus spooring yang perlu Anda perhatikan. Mari simak selengkapnya di bawah ini.

Mengetahui Tanda – Tanda Harus Spooring Mobil Segera

Ada keausan yang tak wajar

Tanda harus spooring mobil segera yang pertama adalah adanya keausan yang tidak wajar. Silakan Anda periksa dengan baik keausan yang terjadi pada bagian ban mobil Anda. Apabila memang ada keausan yang tidak wajar, contohnya saja ada benjolan di bagian ban mobil Anda. Sehingga yang demikian tersebut menjadi pertanda bahwa sistem yang ada pada mobil Anda lagi ada masalah sehingga membuat ban mobil tampak melembung.

Roda miring ketika diparkir

Ketika Anda memarkirkan kendaraan di tempat datar, silakan perhatikan dengan baik kondisi roda mobil Anda. Saat roda mobil Anda berdiri miring, maka yang demikian ini bisa diindikasikan jika mobil tersebut harus dispooring segera. Tetapi demikian, untuk memastikan lebih lanjut, sebaiknya cek lagi tekanan angin di ban mobil Anda, apa memang ada tekanan yang sama atau pun tidak.

Posisi ban tidak lurus, baik ayng di depan atau belakang

Selain hal tersebut untuk mengetahui tanda bahwa Anda harus segera melakukan spooring mobil adalah dengan memperhatikan posisi ban depan dan belakang pada mobil Anda, apa lurus atau tidak. Apabila ingin lebih presisi lagi maka Anda bisa gunakan tali untuk melihat posisi ban mobil Anda dengan baik.

Roda tidak mengikuti setir mobil Anda

Pada saat Anda akan berbelok, sudah semestinya jika roda mobil Anda juga ikut belok mengikuti arah setir mobil Anda. Tetapi jika yang terjadi malah roda mobil Anda susah mengikuti dan cenderung untuk lurus maka bisa dipastikan jika kondisi tersebut memang sedang ada yang tidak beres dan harus segera dispooring.

Proses pengikisan alur ban tidak sama

Tanda lainnya adalah pada saat terjadi pengikisan alur ban mobil yang ternyata tidak sama, yakni ada salah satu bagian yang lebih tipis baik itu di bagian kanan atau pun kiri. Hal ini umumnya disebabkan karena roda mobil ada yang berjalan miring, sehingga tidak semua ban mobil menapak ke jalanan.

Setir dominan ke kanan atau kiri

Pada saat kondisi setir lebih dominan ke kanan atau pun kiri ternyata juga jadi indikasi bahwa mobil Anda harus segera dispooring. Ketika setir dilepas, maka mobil Anda lebih dominan bergerak ke satu sisi, baik itu ke kanan atau pun ke kiri. Apabila sudah seperti ini maka sudah pasti Anda harus segera memeriksakan lebih lanjut keadaan mobil Anda tersebut.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang tanda – tanda harus spooring mobil segera. Semoga bermanfaat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*