Menu Makanan Sehat Untuk Anak

Masa kanak kanak merupakan masa yang sangat penting dalam prtumbuhan dan perkembangannya, oleh karena itu seorang ibu harus memperhatikan perkembangan dan tumbuh kembang anak secara rutin, selain memberikan pendidikan perilaku dan ilmu eksak lainnya, anda juga harus memperhatikan makanan yang dikonsumsi oleh sikecil, karena makanan sangat mempengaruhi tumbuh kembang si anak. Dengan memberikan menu makanan sehat kepada anak maka anak akan tumbuh dengan maksimal, pertumbuhan anak dalam membentuk sel sel otak terjadi sejak dia bayi hingga berumur 6 tahun, dan pertumbuhan sel otak yang tercepat ketika anak menginjak usia 2 tahun. berikanlah makanan yang terbaik kepada anak anda.

Menu makanan sehat yang wajib anda berikan kepada anak terdiri dari menu karbohidrat seperti nasi, roti, sagu, jagung dan kentang. Selain karbohidrat anda juga harus memberikan protein nabati dan hawani seperti daging, ikan, tempe, tahu dan makanan lainnya. selain itu diperlukan juga vitamin dan mineral yang bisa anda dapatkan pada sayur sayuran seperti tomat, wortel, brokoli, bayam, kol, dan sayuran lainnya serta buah buahan seperti apel, alpukat, mangga, jeruk, pepaya, dn buah buahan lainnya yang kaya akan manfaat. Jangan lupa memberikan kalsium dalam bentuk susu, dan cairan yang maksimal sehingga anak tidak mengalami kekurangan air dan tumbuh menjadi anak yang sehat. anak anak biasanya tidak menyukai makanan makanan yang berasal dari sayuran dan buah, sebagai seorang ibu maka harus memiliki jiwa dan ide yang kreatif, bagaimana caranya agar sayuran bisa dikonsumsi oleh anak, contohnya jika anak tidak menyukai wortel maka bisa membentuk wortel menjadi bentuk yang lucu, atau bisa juga menyamarkannya dengan makanan yang anak sukai, misal saja memasukkan brokoli atau sayur lainnya kedalam dada ayam, dengan begitu tanpa sadari anak akan mengkonsumsi sayuran. Anda juga bisa membiasakan anak makan sayuran sejak kecil umur satu tahun, dengan begitu ketika anak berumur 5 tahun sudah terbiasa memakan sayuran.

Ada banyak menu makanan sehat yang bisa dicontoh, dengan memberikan menu makanan sehat kepada anak anak maka tumbuh kembang mereka akan lebih maksimal. berikut ini contoh daftar menu makanan yang sangat cocok untuk anak anak khususnya balita, nasi tim keju, siapkan bahan bahannya seperti beras putih, margarine, bawang bombay, kaldu, lada bubuk, sumsum sapi, dan keju parmesan. Cara membuatnya sangat mudah, yaitu panaskan margarine, masukkan bawang bombay dan silahkan tumis hingga harum, masukkan sumsum dan beras aduk hingga tercampur rata, masukkan air kaldu, lada, garam, dan keju, masak sampi semua air kaldu menyerap ke dalam beras, silahkan sajikan dan jangan lupa tambahkan keju.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*