Pentingnya Memahami Perkembangan Anak Usia Dini

Ketika anak berusia dini maka penting sekali bagi para orang tua memahami perkembangan anak usia dini. Jangan sampai orang tua salah dalam mendidik dan telat memahami perkembangan anak-anaknya. Bagi anak-anak yang belum bisa berkata-kata atau berbicara dengan baik biasanya lebih agresif dalam menunjukkan sesuatu yang tidak dapat dipahami oleh orang-orang yang ada di sekelilingnya. Misalnya jika anak-anak yang belum dapat berbicara mereka cenderung mengatakan sesuatu yang dapat dimengerti oleh orang-orang yang ada disekelilingnya dengan melakukan perilaku yang agresif. Seperti berteriak, menggigit, marah, membuang mainan dan lain sebagainya. hal ini perlu dipahami oleh orang tua yang memiliki anak kecil. Jangan sampai karena anak melakukan perilaku yang agresif orang tua malah memarahi dan malah membuat anak-anak semakin melakukan tindakan yang agresif. Jangan dibiarkan anak-anak terus-terusan melakukan perilaku yang agresif karena akan tidak baik nantinya.

Bagi ibu-ibu yang memiliki anak kecil harus benar-benar paham perkembangan anak usia dini yang sedang berkembang pesat. Jangan sampai anda salah memahami keinginan anakna yang membuat anak malah semakin frustasi. Biasanya anak-anak mengalami fase otonomi, fase ini anak-anak rasa ingin tahunya tinggi sehingga bagi orang tua harus memahami apa yang ditanyakan atau diinginkan oleh anaknya. Anak-anak jika penasaran dengan sesuatu maka rasa ingin tahunya lebih besar maka dari itu para orang tua harus menjelaskan dengan baik dan benar agar anak anda dapat menerima apa yang dia ingin tahu. Jangan malah memarahi anak-anaknya karena banyak tanya. Biasanya kebanyakan ibu-ibu yang tidak memahami perkembangan anak usia dini jika ditanya malah memarahi anaknya tersebut karena anaknya terus-terusan bertanya.

Perkembangan anak usia dini juga mengalami perkembangan motorik yang sangat pesat. Jika para orang tua memahami dan memberikan masukan serta pelajaran yang baik buat anaknya maka daya serapnya bagi anak akan sangat cepat. Bagi ibu-ibu yang memahami hal tersebut maka ibu akan mengajari perilaku-perilaku yang baik serta kata-kata yang bak buat masa depan anaknya agar selalu berperilaku baik. Karena usia dini merupakan usia yang sangat aktif dan memorinya sangat baik sekali untuk belajar. Anak-anak dibiasakan mempelajari hal-hal yang baik agar nantinya anak-anak dapat berfikir yang baik. Jangan membuat kata-kata yang tidak baik karena akan terus selalu diingat oleh anak usia dini. Anak-anak cenderung meniru perilaku dan kata-kata orang dewasa sehingga hati-hati.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*