Siklus Menstruasi Seorang Wanita

 

Menstruasi adalah siklus alamiah yang dialami oleh seorang wanita dewasa. Siklus menstruasi pada setiap wanita tidak sama antara satu dengan yang lainnya. Siklus ini dipengaruhi oleh hormon yang mengatur siklus haid antara satu orang dengan orang lain. Selain itu ada banyak keadaan yang menyebabkan siklus setiap wanita berbeda antara satu dengan yang lainnya. Respon wanita yang sedang stres terkadang sangat mempengaruhi bagaimana siklus haid seorang wanita. Bagi wanita yang rentan terhadap stres, ada kalanya membuat siklus haidnya lebih cepat atau bisa juga lebih lambat. Ada beberapa wanita yanh memang memiliki siklus haid yang tidak teratur. Bagi wanita seperti ini akan menjadi sulit ketika wanita tersebut akan melakukan program kehamilan. Sebab, tidak dapat diprediksi kapan akan terjadi pembuahan yang akan membuat wanita tersebut hamil.

Menstruasi atau yang banyak orang menyebutnya dengan haid, adalah proses meluruhnya dinding rahim sebab, sel telur yang tidak dibuahi. Produksi sel telur pada wanita ada masanya. Sehingga saat yang tepat untuk melakukan pembuahan ketika akan program hamil juga sangat ditentuian oleh siklus menstruasi ini. Bagi wanita yang akan melakukan program hamil, biasanya akan menghitung kapan tepatnya untuk waktu pembuahan yang sesuai sehingga saat berhubungan akan terjadi pembuahan. Pada wanita yang terbiasa dengan siklus haid yang relatif teratur, akan sangat mudah untuk menentukan kapan waktu yang tepat untuk melakukan pembuahan. Namun, bagi wanita yang siklus haidnya tidak teratur akan sangat sulit untuk menentukan kapan waktu yang tepat untuk pembuahan.

Bagi wanita yang terbiasa dengan siklus menstruasi yang tidak teratur akan sangat sulit menentukan kapan waktunya untuk melakukan pembuahan. Begitu juga dengan KB, wanita yang ingin mengatur jarak kelahiran dengan sistem kalender akan sangat sulit menentukan kapan sel telur diproduksi. Bagi seorang wanita, sel telur diproduksi hanya satu buah setiap bulannyam sehingga memilih waktu yang tepat untuk melakukan pembuahan adalah langkah yang sulit. Jika sel telur tersebut tidak dibuahi, maka sel telur akan dibuang melalui menstruasi yang terjadi setiap bulan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*