Tips Wisata Alam Tanjung Puting Kalteng

Tanjung puting merupakan pusat konservasi dan penelition orang utan terbesar di Dunia. Wisata alam Tanjung Puting biasanya harus dilakukan di atas kapal selama berhari-hari, jadi pastikan anda tidak mabuk laut.

Bagi yang melakukan perjalanan wisata dari luar Kalimantan, berikut kami berbagi tips wisata alam Tanjung Puting agar perjalan wisata anda lebih mudah dan nyaman.

  1. Perjalanan dari luar pulau ke Tanjung Puting harus mencari maskapai yang memiliki rute ke Pangkalan Bun, dari Pangkalan Bun dilanjutkan ke Kumai menggunakan angkot atau taksi.
  2. Wisata Tanjung Puting biasanya perlu beberapa hari menggunakan kapal Kelotok, semua aktifitas seperti mandi, makan dan tidur di atas kapal ini.
  3. Pilih paket menyewa kapal yang sudah termasuk tiket wisata dan guide, di dalam tempat wisata ada tambahan biaya camera.
  4. Wisata Tanjung Puting dimulai dari Sungai Kumai lalu ke Sungai Kekoyer dan Sungai Lakey.
  5. Ada tiga camp yang dijadikan tempat melihat orang utan dari dekat yaitu Camp Tanjung Harapan, Camp Lakey dan Pondok Tanggi.
  6. Ingin memberi makan Orang utan maka datang pada jam Feeding, jam feeding di setiap camp berbeda-beda bisa menanyakan guide sebelumnya.
  7. Bawa lotion anti nyamuk untuk menemani saat di atas kapal atau trekking hutan.

Setiap tempat wisata memiliki aturan yang berbeda-beda, di wisata alam Tanjung Puting ada aturan yang harus di baca sebelum memasuki National Park agar kehidupan dan kelestarian orang utan tetap terjaga di tempat ini.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*