Wisata Budaya di Baduy

Ketika pertama kali mendengar kata Baduy pasti yang terbesit adalah tempat di Banten yang penghuninya memiliki kebiasaan mengenakan setelan baju daerah hitam atau putih. Selain kedua ciri tersebut masih banyak keunikan lain budaya di Baduy.

Baduy merupakan perkampungan di daerah Banten yang menolak pengaruh globalisasi masuk ke wilayahnya. Total suku Baduy kurang lebih 8000 orang menempati wilayah perkampungan di sekitar aliran sungai Ciujung dan Cikanekes di Pegunungan Keundeng. Perjalanan menuju lokasi ini penuh perjuangan karena harus melalui proses trekking perbukitan, lembah yang curam dan sungai yang panjang. Suku di baduy terdiri dari 2 suku yaitu Baduy Luar dan Baduy Dalam. Kedua suku ini menolak globalisasi peradaban modern masuk ke wilayah budaya di Baduy.

Perkampungan Baduy terletak 40 km dari Rangkas Bitung, Banten, Mulai dari terminal Ciboleger anda sudah bisa menemui beberapa orang suku Baduy Luar yang menawarkan jasa guide untuk mengantar sampai ke Baduy Dalam. Ketika berada di kawasan Baduy Luar anda masih bisa menggunakan peralatan modern seperti handphone, mengambil gambar atau berkomunikasi, namun ketika memasuki Baduy Dalam yang dipisahkan oleh Jembatan kecil, semua perangkat modern sudah tidak bisa digunakan, pengunjung mulai beradaptasi dengan alam tanpa alat eletronik atau listrik. Di dalam perkampungan budaya di Baduy anda akan disuguhi keindahan alam dan udara sejuk tanpa polusi.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*