Yuk Cari Tahu Cara Menghemat Memori Internal Smartphone Android

Salah satu hal yang menjengkelkan menggunakan smartphone android adalah ketika akan menginstall aplikasi atau game menarik namun gagal karena kapasitas memori tidak mencukupi atau sudah penuh.

Meskipun hal tersebut dapat diatasi dengan menggunakan memori eksternal, akan tetapi menghemat memori internal dirasa menjadi solusi yang cukup tepat sebelum anda memutuskan untuk membeli memori eksternal. Lantas bagaimana cara menghemat memori internal smarphone android? yuk kita cari tahu pada penjelasan dibawah ini.

  1. Cara Pertama – Instanllah aplikasi yang versi Lite

Untuk menghemat memori internal smartphone android anda, cara pertama yang bisa anda coba terapkan adalah dengan mengintall aplikasi-aplikasi dengan versi Lite. Meskipun tidak semua aplikasi memiliki versi lite, namun beberapa aplikasi besar yang sering kita gunakan sudah memiliki versi lite diantaranya youtube go, facebook lite, line lite dan massanger lite. Penggunaan aplikasi Lite sangat hemat memori internal android karena ukurannya yang jauh lebih kecil.

  1. Tidak usah install aplikasi antivirus dan juga cleaner

Mungkin banyak diantara kita yang menginstall aplikasi antivirus dan cleaner karena berharap supaya smartphone bisa memiliki performa yang lebih maksimal. akan tetapi, aplikasi demikian malah dapat menambah beban memori internal android anda loh. Sekarang ini untuk melakukan cara hemat memori internal android dengan membersihkan cache sudah bisa loh dilakukan tanpa menggunakan aplikasi.

  1. Lebih baik streaming

Cara hemat memori internal android selanjutnya adalah dengan menonton video atau mendengarkan music dengan cara streaming. Sekarang ini untuk streaming sudah semakin mudah, karena telah hadir teknologi konektivitas 4G yang membuat anda streaming tanpa henti. Terlebih lagi harga untuk paket internet juga cukup terjangkau. Dengan streaming tentu kita tidak perlu menyimpannya dimemori smartphone, nah hal yang yang membuat memori android anda lebih hemat.

  1. Hapus aplikasi yang tidak terpakai

Sekarang ini banyak sekali jenis aplikasi dan game yang sangat seru untuk dicoba. Namun yang perlu diperlu diperhatikan adalah setelah anda memainkan game atau aplikasi lalu bosan. Maka jauh lebih untuk dihapus saja dari pada memenuhi memori.

  1. Backuplah data anda ke cloud storage

Cara menghemat memori internal android yang terakhir adalah dengan membackup data seperti foto dan video ke cloud storage. Dengan semakin banyak file atau data yang anda miliki tentu dapat menurunkan performa smartphone android anda. Oleh sebab itu anda bisa mengatasinya dengan membackup atau menyimpan file-file tersebut ke aplikasi atau situs cloude storage seperti onedrive, googledrive,googlephoto dan lain sebagainya.

Itu dia beberapa cara supaya bisa hemat memori internet di smartphone android. semoga informasi ini bisa membantu anda.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*